” SIDANG PEMBACAAN DAKWAAN PERKARA ATAS NAMA TERDAKWA YOGOR TELENGGEN DI PENGADILAN NEGERI MANOKWARI “

Pada tanggal 8 Februari 2019 pukul 09.00 sampai dengan 11.35 WIT bertempat di Pengadilan Negeri Manokwari Jalan Pahlawan Sanggeng Manokwari telah dilaksanakan sidang perkara pidana dengan terdakwa atas nama YOGOR TELENGGENG (LP 01/II 2018-Papua/Res Puja/Sek Sinak) tanggal 12 Februari 2018 tentang tindak pidana pembunuhan dan tanpa hak menguasai, membawa menyimpan senjata api dan pencurian atau kekerasan Pasal 340 KUHP atau pasal 1 ayat 1 UU Darurat RI No 12 tahun 1951) yang dihadiri sekitar 30 orang.

 

 

Turut hadir diantaranya sebagai berikut :

  1. BANJAR NAHOR, SH., MH. (Kajari Manokwari).
  2. HERU HANINDYO, SH., MH., LLM. (Ketua Pengadilan Negeri Manokwari).
  3. POL. GOTLIEF MANSENBRA (Kasat Brimobda Polda Papua Barat)
  4. AKBP ADAM ERWINDI, S.IK. (Kapolres Manokwari).
  5. ARH. AGUS F. Y. (Wadan Deniteldam XVIII/Kas).
  6. CRISTIAN WARINUSI (Ketua LP3BH Manokwari).
  7. SONY A. B. LAOEMOERY, SH. (Wakil Ketua Pengadilan Negeri Manokwari / Hakim Ketua).
  8. BAGUS (Hakim Anggota).
  9. JEFRI (Hakim Anggota).
  10. YOHANES SIAHAYA (Panitera).
  11. ARNOLDA AWOM, SH. (JPU/Kasi Pidum Kejari Nabire).

 

Adapun kronologis sebagai berikut :

Pukul 08.30 WIT 1 SST aparat kepolisian Polres Manokwari dan Satbrimob Polda Papua Barat dipimpin AKBP. ADAM ERWINDI, S.IK. (Kapolres Manokwari) tiba di Kantor pengadilan negeri Manokwari untuk melakukan pengamanan sidang.

 

Pukul 10.45 WIT terdakwa atas nama YOGOR TELENGGEN tiba di Pengadilan Negeri Manokwari dengan menggunakan Kendaraan Taktis Brimob Polda Papua Barat kemudian langsung dibawa masuk ke ruang sidang.

 

Pukul 10.55 WIT sidang dimulai, dilanjutkan dengan Pengecekan identitas terdakwa oleh Majelis Hakim dan menanyakan terkait penggunaan Penasehat Hukum kepada terdakwa.

 

Pukul 11.03 WIT Pembacaan Surat Dakwaan oleh Ibu ARNOLDA AWOM, SH. (JPU / Kasi Pidum Kejari Nabire) yang intinya sebagai berikut :

  • Pada tahun 2018 terdakwa telah melakukan penembakan anggota TNI Atas nama PRATU SANDI NOVIANA (Sat Kopassus Penugasan Wilayah Puncak Jaya) sehingga korban meninggal dunia.
  • Terdakwa dengan sengaja merampas pistol dan menguasai, membawa menyimpan tanpa hak milik pistol G2 Combat milik korban dan beberapa senjata organik lainya milik TNI/Polri.
  • Terdakwa diketahui juga merencanakan dan melaksanakan beberapa kali penyerangan terhada anggota yang melakukan pengamanan di Kabupaten Puncak Jaya.
  • Terdakwa beserta beberapa orang diketahui melakukan penembakan terhadap pesawat Trigana Air bertempat di Bandara Mulia Kabupaten Puncak Jaya sehingga menimbulkan beberapa korban yg salah satunya meninggal dunia.
  • Pada tahun 2011 bertempat di Kali Semen Kampung Wandigobak Mulia Kabupaten Puncak Jaya diketahui terdakwa melakukan/terlibat penembakan yang menyebabkan 1 orang anggota Polri luka-luka dan 2 orang anggota Polri meninggal dunia.

 

Pukul 11.24 WIT terdakwa melakukan sanggahan yang intinya sebagai berikut :

  1. Terkait kasus penembakan terhadap pesawat dan mobil rombongan Polri bertempat di Kali Semen Mulia Kabupaten Puncak Jaya saya tidak merasa melakukan dan itu kelompok lain.
  2. Sampai dengan saat ini saya belum tau, apa sebabnya sehingga pelaksanaan sidang saya dipindahkan ke Manokwari?

 

Pukul 11.26 WIT tanggapan dari Hakim ketua yg intinya sebagai berikut :

  1. Sidang rencananya akan dilanjutkan pada hari Jumat tanggal 15 Februari 2019 pukul 09.00 WIT dengan agenda tanggapan terhadap dakwaan.
  2. Jika saudara ingin menunjuk sendiri terkait siapa penasehat hukum yg akan anda gunakan maka silahkan dihubungi yang bersangkutan.
  3. Pemindahan terdakwa ke Kejaksaan Manokwari merupakan perintah dari Mahkamah Agung RI No. 271/KMA/SK/XII/2018 tanggal 17 Des 2018.
  4. Jika terdakwa melakukan eksepsi/gugatan nanti akan diberi kesempatan pada sidang berikutnya.
  5. Pukul 11.30 WIT sidang ditutup oleh Hakim Ketua.
  6. Pukul 11.32 WIT terdakwa meninggalkan ruang sidang kemudian dibawa kembali ke Mako Brimob Polda Papua Barat dengan menggunakan Ran Taktis milik sat Brimob Polda Papua Barat.
  7. Pukul 11.35 WIT Seluruh rangkaian sidang selesai dalam keadaan aman dan tertib.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *