” AKHIR CERITA PARA PELANGGAR UU KEIMIGRASIAN YANG BEKERJA DI PENAMBANGAN EMAS NABIRE “

Konferensi Pers Kepala Kantor Imigrasi Klas II Timika

Pada tanggal 13 Maret 2019 pukul 10.00 WIT, di Bandara Internasional Mosez Kilangin Timika, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, telah berlangsung Press Release Deportasi 12 (dua belas) Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok oleh Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Mimika yang dipimpin oleh JESAJA SAMUEL ENOCH (Kepala Kantor Imigrasi Kelas II-TPI Timika) dan didampingi oleh WISNU GALIH PRIAWAN (Kasi Wasdakin) dan dihadiri oleh 10 (sepuluh) orang.

Pukul 10.03 WIT, kendaraan minibus milik kantor Imigrasi Kelas II-TPI Timika tiba di Bandara Internasional Mosez Kilangin membawa 12 (dua belas) WNA untuk diterbangkan ke Jakarta dan dikawal oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II-TPI Timika (JESAJA SAMUEL ENOCH) dan Kasi Wasdakin (WISNU GALIH PRIAWAN).

Pukul 10.18 WIT, ke 12 (dua belas) WNA diarahkan untuk melaporkan dan masuk ke ruang tunggu keberangkatan.

Pukul 10.22 WIT, penyampaian JESAJA SAMUEL ENOCH (Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika), dalam jumpa pers sebagai berikut :

“Kami dari Kantor Imigrasi Kelas II-TPI Mimika mendeportasi 12 (dua belas) WNA yang sebelumnya telah melakukan tindak pidana Keimigrasian karena menyalahkan gunakan ijin tinggal pasal 122 huruf (a) UU RI no. 6 tahun 2011 tentang keimigrasian, sebagai penambang emas ilegal di Kabupaten Nabire dan divonis bersalah sesuai putusan pengadilan Negeri Nabire No. 100-12/Pid.Sus/2018/PN. Nabire tertanggal 12 Desember 2018 serta telah menjalani hukuman selama 5 bulan 15 hari dan denda Rp 10 juta”.

Kedua belas WNA tersebut dengan rincian 11 (sebelas) orang WNA Cina atas nama Wu Jiming, Wu Jiang, Li Shihong, Li Changcuters, Li Guling, Lupa Tuning, Tang Gang, Puyang Weishan, Gong Xiaoyun, Wu Xiaoming, Yang Enlong, dan 1 (satu) orang WNA Korea Selatan atas nama Go Sorong Yong.

Kedua belas WNA tersebut telah selesai menjalani hukuman pada hari Senin tanggal 11 Maret 2019, sesuai surat lepas dari Lapas Nabire No. W30.EH.PK.01.01.01-208 – 219, dan telah diserahterimakan dari Lapas Nabire kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika pada hari yang sama.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku maka Kantor Imigrasi Kelas II – TPI Mimika melakukan pendeportasian ke negara asalnya melalui TPI Bandara Internasional Soekarno Hatta setelah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Cina dan Korea Selatan di Jakarta dan nama yang bersangkutan dimasukan kedalam daftar penangkalan.

Pukul 11.20 WIT, 12 (dua belas) WNA tersebut take off menuju Jakarta menggunakan Garuda GA 653.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *